Shoki Global | Harco Mangga Dua | Grosir | Retail | Aksesoris | Komputer & HP
Welcome to Shoki Global,

Agar anda dapat mengakses semua kategori, silahkan klik PENDAFTARAN/REGISTER,... Pendaftaran gampang kok... ga perlu konfirmasi email.... terima kasih atas kunjungannya.

Salam,
Shoki Global Team

Salam,
Admin
Login

Lupa password?

Latest topics
New Promo

Info Pengunjung :
Marketing

Marketing 1


Marketing 2


Marketing 3


Marketing 4
Rekening Bank



Senyum

Pemandangan Goa Ngalau Indah Payakumbuh

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pemandangan Goa Ngalau Indah Payakumbuh

Post  Prima Santhos on Sun Apr 29, 2012 2:31 am

Gua Ngalau Indah
Kota Payakumbuh - Sumatra Barat - Indonesia
Gua Ngalau Indah di kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat

Ngalau Indah merupakan kawasan gua yang berada di lereng Bukit Simarajo, Kota Payakumbuh, dengan kontur sangat unik, berundak dan berbatuan indah. Area parkir Ngalau Indah ini berada pada ketinggian bukit, sekitar 750 m dari tepian Jalan Raya Bukittinggi – Payakumbuh, dengan pemandangan lepas ke arah perkotaan di beberapa titik.



Penanda tempat wisata Ngalau Indah Payakumbuh yang berada di dekat pertigaan pada GPS: -0.256630, 100.609000 di Jalan Raya Bukittinggi – Payakumbuh, menuju ke arah Ngalau Indah.



Denah yang dibuat dengan cukup baik, dipasang di dekat area parkir yang memperlihatkan pintu-pintu gua, alur lintasan, undakan dan apa yang dilihat pengunjung di dalam gua Ngalau Indah.



Undakan menuju mulut gua Ngalau Indah yang kondisinya baik dan mudah untuk dilalui pejalan, di bawah rimbun pohon yang meneduhi area mulut gua.



Sebuah batu besar di dekat mulut gua Ngalau Indah. Area di dekat mulut gua ini sangat luas dengan penerangan yang baik. Di sini terdapat undakan, menurun ke arah dasar gua Ngalau Indah.



Salah satu bagian dinding gua Ngalau Indah yang berwarna putih kekuningan dengan lekuk-lekuk yang indah. Sayang sekali tangan-tangan jahil masih mengotori keindahan dinding gua Ngalau Indah ini.



Ruangan luas yang berada tidak jauh dari mulut gua Ngalau Indah dimana terdapat batu gajah yang pertama, dan beberapa batuan besar lainnya yang bentuknya menyerupai sebuah altar.



Salah satu undakan gua Ngalau Indah dengan langit-langit tinggi dibalut batuan kapur berwarna putih kekuningan dan abu-abu. Penerangan di dalam gua Ngalau Indah ini cukup baik, demikian juga dengan sirkulasi udaranya.



Salah satu mulut gua Ngalau Indah yang berada di ujung lintasan gua. Namun pengunjung biasanya tidak keluar dari mulut gua ini.



Di terangi lampu senter, terdapat dinding batuan kapur mengandung kuarsa yang berkeredep biru keunguan ketika terkena bias sinar.



Stalagtit Ngalau Indah yang menyerupai nganga mulut raksasa dengan deretan gigi runcing yang sebagian telah rompal. Batuan stalagtit dan stalagmit di dalam gua Ngalau Indah ini diberi nama oleh penduduk setempat, diantaranya disebut sebagai Batu Tetesan Air Mata, Batu Tangkai Payung, Batu Kelambu, Batu Tirai Pengantin, dan Batu Ibu Menangis.



Salah satu undakan Ngalau Indah yang menuju mulut gua ketiga yang letaknya di bagian atas mulut gua pertama, sekaligus berfungsi sebagai pintu keluar bagi para pejalan.



Dinding batuan kapur yang sangat tinggi dengan bentuk lekukan indah di dalam gua Ngalau Indah.



Sebuah stalagmit Ngalau Indah yang bentuknya menyerupai sebuah singgasana raja.



Dinding-dinding tinggi Ngalau Indah yang terbentuk dari lelehan batu kapur yang berlangsung selama ratusan tahun ini menciptakan bentuk-bentuk yang artistik.



Sebuah undakan Ngalau Indah di bawah relung-relung gua putih hijau kekuningan. Meskipun terlihat agak kurang bersih dan kurang terawat, namun kondisi gua Ngalau Indah ini masih bisa dikatakan cukup baik.



Pemandangan ke arah mulut gua Ngalau Indah pertama, dilihat dari mulut gua di atasnya yang berfungsi sebagai pintu keluar. Sulur-sulur pohon beringin tua tampak menghiasi dinding perbukitan kapur Ngalau Indah.



Pemandangan dari Bukit Simarajo ke arah jalan Bukittinggi – Payakumbuh, dengan hamparan sawah subur dan pemandangan bukit hijau yang mulai dikelupas, yang lambat laun bakal merampas keindahan alam yang tercipta selama ratusan tahun. Ke arah sebelah kanan akan terlihat pemandangan ke arah Kota Payakumbuh











A. Selayang pandang

Ngalau Indah adalah nama sebuah gua yang berada di lereng perbukitan yang terdapat di Kota Payakumbuh. Di dalamnya terdapat batu stalagmit dan stalagtit yang terbentuk dari proses endapan kapur yang berlangsung ratusan tahun. Kedua jenis batu tersebut mempunyai ukiran beraneka macam bentuk, dengan ornamen-ornamen yang menakjubkan, seperti: ruang kamar tidur, kursi, kelambu dan lain sebagainya.

Agar para wistawan dapat menikmati pemandangan Ngalau dengan lebih leluasa, pemerintah setempat membangun beberapa sarana pendukungnya, seperti: lampu penerangan, jalan penghubung dan anak tangga.

B. Keistimewaan

Dari atas perbukitaan di sekitar Ngalau, para wisatawan dapat melihat panorama kota Payakumbuh yang terhampar di depan mata. Perpaduan tata bangunan perkotaan, hijaunya pepohonan dan hamparan sawah yang begitu luas merupakan satu kesatuan dari kemilau Kota Payakumbuh.

Sedangkan pemandangan di sekitar Ngalau juga tidak kalah menarik. Sebelum masuk ke dalam Ngalau atau tepatnya di depan pintu masuk para wisatawan disambut dengan sebuah ukiran dari batu yang menyerupai gajah. Memasuki Ngalau, para wisatawan akan mendapat suguhan aneka ukiran-ukiran batu yang terpahat di dalam Ngalau. Batuan beraneka bentuk dan berukir tersebut diberi nama sesuai bentuk batunya, seperti: kursi, kelambu, dan kamar tidur. Para pengunjung yang merasa lelah atau lebih lama ingin menikmati keindahan Ngalau tersebut dapat berhenti sejenak dan duduk bersantai di atas batu-batu tersebut. Pada bagian lain Ngalau, terdapat batu tira yang berwarna putih yang apabila terkena sorotan cahaya lampu, dapat memantulkan cahaya kemilau yang begitu indah.

C. Lokasi

Ngalau Indah terletak di kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

D. Akses

Objek Wisata Ngalau Indah dapat dijangkau dengan menggunakan transportasi darat. Dari kota Padang ke Payakumbuh, perjalanan ditempuh sekitar 3 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, ongkosnya antara Rp.20.000,00 sampai Rp. 25.000,00 per orang (Februari 2008).

E. Tiket

Tiket masuk sebesar berkisar antara Rp. 5000 - Rp. 10.000,- /orang,.. ngga tau pasti sih udah lama gak ke payakumbuh hehehe

F. Akomodasi

Di kota Payakumbuh tersedia beberapa hotel yang cukup nyaman untuk menginap, mulai dari hotel yang berbintang sampai hotel klas melati. Begitu juga dengan tempat makan, di kota ini juga banyak terdapat warung makan yang menyajikan beraneka menu masakan padang.

lol!

Prima Santhos
Pengelola
Pengelola

Jumlah posting: 562
Points: 1600
Reputasi: 43
Join date: 26.06.09
Umur: 26
Lokasi: Jakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik